Seluruh unsur di Provinsi Bengkulu mendeklarasikan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 yang damai, tertib dan sesuai dengan asas pemilu.
 
"Mewujudkan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," kata Ketua KPU Provinsi Bengkulu Rusman Sudarsono di Bengkulu, Senin.
 
Kemudian seluruh pihak terutama peserta pilkada, partai politik pengusul dan simpatisan mendeklarasikan pelaksanaan kampanye pemilihan yang, aman, tertib, dan damai.
 
"Berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi SARA, dan tanpa politik uang," ujarnya.
 
Kemudian seluruh pihak sama-sama mendeklarasikan mewujudkan kampanye pemilihan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 
Para peserta Pemilihan Gubernur Bengkulu, partai politik, simpatisan, KPU, Bawaslu, serta forum komunikasi pimpinan daerah menandatangani naskah Pilkada Serentak 2024 damai.
 
Pemilihan Gubernur Bengkulu Pilkada 2024 diikuti dua pasang calon, yakni pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Bengkulu Helmi Hasan (mantan Wali Kota Bengkulu dua periode) yang berpasangan dengan Mian (Bupati Bengkulu Utara petahana).
 
Kemudian, pasangan selanjutnya yakni pasangan calon gubernur Rohidin Mersyah yang merupakan Gubernur Bengkulu petahana, berpasangan dengan calon wakil gubernur Meriani.
 
Helmi-Mian diusung oleh PAN, PDI Perjuangan, Gerindra, PKB, Demokrat, NasDem, dan Gelora. Sedangkan, Rohidin-Meriani diusung oleh partai politik pengusul yakni Golkar, Hanura, PKS, PPP.

KPU telah menetapkan nomor urut pasangan calon Gubernur Bengkulu Pilkada Serentak 2024, pasangan calon gubernur nomor urut 1 yakni Helmi Hasan-Mian dan pasangan calon gubernur nomor urut 2 yakni Rohidin Mersyah-Meriani.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024