Bengkulu (Antara) - Pemerintah Kota Bengkulu berencana membangun perumahan khusus untuk pegawai negeri yang bertugas di lingkungan pemerintahan setempat.

Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan di Bengkulu, Senin, mengatakan, perumahan tersebut akan memanfaatkan lahan sekitar 20 hektare.

"Kita membuat lebih dari 1.000 rumah, dengan kelengkapan infrastruktur lainnya, dan bisa menampung pegawai negeri, tenaga kontrak, maupun polisi dan instansi lainnya," kata dia.

Perumahan yang akan dibangun tersebut akan dilengkapi dengan unit kesehatan, ruang terbuka hijau serta infrastruktur pendidikan.

"Yang terpenting, membangun memiliki manfaat, jika dibangun tetapi tidak ada yang betah maka akan sia-sia saja," katanya.

Untuk lokasi pembangunan, kata Helmi, sedang dianalisis Pemerintah Kota Bengkulu karena lokasi akan membutuhkan lahan yang luas dan harus sesuai dengan rencana penataan kota.

"Kita sedang pertimbangkan dibeberapa tempat, kalau luas tanah lahan yang sudah ada sekarang hanya lima sampai sepuluh hektare saja, kita akan cari lahan yang baru," katanya.

Perumahan tersebut juga bertujuan menjadi hunian tamu pemerintahan setempat yang sedang melakukan kunjungan atau aktivitas kedinasan di Kota Bengkulu.

"Selama ini kita terkendala hunian hotel jika ada tamu yang datang, jumlah hunian hotel tidak mampu menampung. Nanti kita akan buat bangunan untuk solusi permasalahan tersebut di kompleks perumahan yang direncanakan ini," kata Helmi.

Rencana tersebut segera direalisasikan setelah pemerintah kota menemukan lokasi pembangunan yang tepat serta tidak terkendala permasalahan lahan. ***4***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016