Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyiapkan bantuan sosial berupa bahan bangunan dan sembako untuk warga yang rumahnya terdampak longsor hingga ambles masuk Sungai Manjuto di Desa Pondok Panjang, Kecamatan V Koto.
 
"Bantuan dari dinas, seperti seng, semen, pasir dan makanan, beras, dan air untuk satu rumah yang terjung atas nama Dadang," kata Kabid Rehabilitasi Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Zoni Fourwanda saat dihubungi dari Mukomuko, Jumat.

Baca juga: BWSS Bengkulu tinjau titik longsor di Mukomuko
 
Satu rumah milik warga Desa Pondok Panjang, Kabupaten Mukomuko ambles dan masuk Sungai Manjuto. Namun tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Rumah tersebut milik Dadang (35), sedangkan sebelum rumah tersebut ambles, warga itu sudah terlebih dahulu mengungsi ke rumah keluarganya.
 
"Kami sudah ke situ, tetapi sekarang kadis (kepala dinas) belum ada, paling menunggu petunjuk beliau untuk menyalurkan bantuan ini karena beliau langsung pengguna anggaran (PA)," ujarnya.

Baca juga: Penetapan darurat longsor di Mukomuko tunggu kajian
 
Ia menjelaskan bantuan material bangunan untuk membangun rumah korban.
 
Terkait dengan 14 rumah yang terancam masuk sungai itu, ia mengatakan, masih ada jarak dengan tebing, termasuk rumah milik kepala desa.
 
Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Kabupaten Mukomuko Ahmad Hidayat Syah sebelumnya mengatakan sekarang masih ada 14 rumah di lokasi tersebut yang terancam masuk sungai karena jarak rumah ini dengan tebing yang longsor sekitar satu meter.
 
"Rumah tersebut masih dihuni oleh pemiliknya, tetapi kami mengimbau mereka tetap waspada apalagi saat ini intensitas hujan yang tinggi dan membuat tebing mudah longsor," ujarnya.

Baca juga: Rumah warga Mukomuko amblas ke sungai, 14 rumah lainnya terancam

Terkait dengan kejadian itu, tim reaksi cepat yang terdiri atas beberapa organisasi perangkat daerah sudah melakukan asesmen di kantor desa bersama kades dan camat guna mencari solusi.
 
Langkah selanjutnya, instansinya mengajukan status tanggap darurat longsor untuk penanganan darurat tebing yang longsor sepanjang Sungai Manjuto Desa Pondok Panjang, Kecamatan V Koto kepada Penjabat Sementara Bupati Mukomuko.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024