Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bengkulu meminta bantuan berupa 35 ribu judul buku ke Perpustakaan Nasional Indonesia (Perpusnas) untuk disalurkan ke taman baca masyarakat (TBM) di wilayah tersebut.
 
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bengkulu Mukhlis di Bengkulu, Kamis menyebutkan bahwa usulan bantuan buku tersebut dilakukan guna meningkatkan minat baca masyarakat.
 
"Ini sebagai upaya pembinaan yang dilakukan Perpusda Kota Bengkulu kepada TBM guna meningkatkan minat baca dan menjadi tempat masyarakat untuk memecahkan suatu masalah dengan berdialog serta membaca sehingga harus dilakukan pembinaan secara berkelanjutan," ujar dia.
 
Ia mengatakan dengan usulan itu akan menambah koleksi buku di TBM sehingga dapat meningkatkan minat baca bagi masyarakat khususnya di kalangan anak-anak dan remaja.
 
Selain itu, pihaknya juga terus melakukan berbagai program edukasi dan sosialisasi guna mendorong kebiasaan membaca sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat.
 
"Tujuannya tidak hanya sebagai tempat membaca, tetapi juga dapat menjadi tempat berkegiatan, berinovasi, berkreativitas dan lainnya," katanya.
 
Sementara itu Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu juga menyediakan mobil perpustakaan keliling di wilayah tersebut guna meningkatkan minat baca masyarakat khususnya para pelajar.
 
Mukhlis menjelaskan bahwa di mobil itu disediakan berbagai buku bacaan anak, seperti buku edukasi, buku cerita, hingga buku pelajaran. Layanan mobil itu tidak hanya mendatangi sekolah, tetapi juga berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II B Bengkulu serta lainnya.
 
"Dengan adanya mobil pustaka keliling ini antusias para siswa-siswi dan para guru di Kota Bengkulu sangat baik. Apalagi di lapas, semua warga binaan begitu antusias," ujar dia.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024