Bengkulu,IPKB - Ribuan warga Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu, Selasa 28/6 serbu bazar murah di kampung KB diwilayah tersebut.

Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kepada wartawan mengatakan, bazar murah yang melibatkan banyak mitra itu dalam rangka menyambut hari keluarga nasional ke 23 tahun 2016.

Bazar sembako digelar di kampung KB Kota Bengkulu pada menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini bekerja sama Perkumpulan Pedagang Indonesia (PPI) Bulog Bengkulu serta kelompok usaha kecil menengah (UKM) di wilayah Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu.

Ia mengatakan, digelarnya bazar murah itu untuk membantu penyedian kebutuhan sembilan bahan pokok bagi masyarakat di wilayah Kampung KB.

"Mengingat kriteria kampung KB sebagai kampung yang kumuh dan miskin maka selayaknya bazar difokuskan di wilayah tersebut, ujarnya.

Sehingga dengan digelarnya bazar murah dapat membantu kekurangan kebutuhan terhadap sembako, ujar Maryana.
Melalui bazar murah pada Ramadhan maka dapat membantu kebutuhan warga kurang mampu, harapnya.

Dikatakan Maryana, selain bazar murah sembako, telah dikemas kegiatan bhaktisosial dengan menggelar pelayan KB gratis bagi pasangan usia subur di daerah itu, kata Maryana.

Ditambahkannya, melalui program KB, maka masyarakat dapat mengatur jarak kehamilan sehingga memiliki perencanaan dalam jumlah anak.


PKK Sumbang satu ton gula pasir
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Bengkulu, Lily Martiani Ridwan Mukti dalam mengantisipasi kekurangan persedia bazar di wilayah kampung KB Kota Bengkulu,  Lily panggilan akrab ibu gubernur itu menyumbangkan satu ton gula pasir untuk disalurkan secara cuma-cuma bagi masyarakat di RW 02 Kelurahan Sumber Jaya.

Ia menghimbau agar penyaluran gula pasir untuk warga jangan menimbulkan malapetaka, apalagi sampai terjadi keributan dan cidera bagi warga, harapnya.

Lily mengimbau, sumbngan gula sebanyak satu ton itu agar dibagikan secara merata di tiap RT yang ada di lingkungan RW 02 Keluarahan Sumber Jaya, katanya.

Dalam sambutannya, Lily Martiani menegaskan agar BKKBN Bengkulu terus meningkatkan sinergitas lintas sektor. Itu guna terwujudnya keluarga yang sehat dan sejahtera.

Dalam meningkatkan kualitas masyarakat, kata Lily, tidak dapat dilakukan oleh satu lembaga pemerintah, melainkan harus secara bersama dengan mengintegrasikan program dan kebijakan.

"Meningkatkan kualitas masyarakat BKKBN perlu lebih gencar dalam mensosialisasikan program KB. Sebab, melalui program KB itulah salah satu jalan untuk kualitas SDM dan kesehatan masyarakat," kata Lily.(rs)

Pewarta: Idris

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016