Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menggelar pawai takbir keliling di Kecamatan Kota Mukomuko dalam rangka menyambut dan memeriahkan datangnya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah.

"Setiap tahun kita rutin menggelar pawai takbir keliling untuk memeriahkan dan mengembangkan syiar Islam di daerah ini," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Mukomuko Syafkani, di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan, pelaksanaan pawai takbir keliling ini direncanakan pada Selasa malam (5/7) atau pada malam raya Idul Fitri. Untuk kepastiannya menunggu pengumuman dari pemerintah pusat.

Ia mengatakan, pihaknya mewajibkan seluruh kendaraan dinas sepeda motor dan mobil operasional pejabat dan pegawai negeri sipil (PNS) setempat mengikuti pawai takbir keliling.

"Kendaraan dinas wajib hadir saat pawai takbir keliling. Kita akan absen setiap kendaraan dinas yang hadir saat pawai," ujarnya.

Ia mengatakan, pawai takbir keliling yang digelar pemerintah setempat terbuka untuk umum. Sepeda motor dan mobil milik warga setempat boleh mengikuti pawai takbir keliling asalkan tertib.

"Kita tidak bisa membatasi jumlah peserta pawai. Siapa saja boleh ikut," ujarnya lagi.

Kabag Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Mukomuko Saripudin mengatakan melibatkan kepolisian resor setempat dan petugas jalan raya untuk mengatur lalu lintas pada pawai takbir keliling.

Ia mengatakan, rute pawai takbir keliling di mulai dari rumah dinas bupati di Kelurahan Bandar Ratu menuju Kelurahan Koto Jaya, lalu kembali lagi rumah dinas.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016