Bengkulu (Antarabengkulu.com) - Panitia zakat fitrah di Masjid Baitul Izzah, Kota Bengkulu mulai membagikan kupon kepada calon penerima zakat untuk warga di tiga rukun tetangga di Kelurahan Padang Harapan.

"Mulai hari ini pembagian kupon bagi 400 jiwa penerima zakat dan penyaluran direncanakan mulai besok," seorang panitia zakat fitrah, Masjid Baitul Izzah, Kota Bengkulu, Aksidianto di sela penyaluran kupon, Senin.

Sembari menyalurkan kupon kepada calon penerima, pihaknya juga masih menerima pembayaran zakat dari warga hingga Senin (4/7) sore.

Ia mengatakan, hingga Senin pagi, terkumpul zakat dalam bentuk uang sebesar Rp19 juta dan dalam bentuk beras sebanyak 30 kilogram.

Aksidianto mengatakan jumlah pembayar zakat pada tahun ini mengalami penurunan yakni sebanyak 720 jiwa, sedangkan pada 2015 mencapai 1.200 jiwa.

"Pembayar berkurang, sedangkan jumlah zakat yang terkumpul lebih banyak. Kalau tahun lalu dalam bentuk uang sebanyak Rp18 juta," kata dia.

Pada tahun ini, lanjutnya, jumlah zakat yang dibayar lebih tinggi dari tahun sebelumnya yakni harga tertinggi menjadi Rp33 ribu per jiwa, atau naik dari Rp30 ribu per jiwa.

Ada tiga kategori zakat yang dibayarkan dalam bentuk uang yakni Rp22 ribu, Rp25 ribu dan Rp33 ribu, sesuai dengan kemampuan pembayar zakat tersebut.

Ia menambahkan zakat yang disalurkan kepada para penerima sebesar Rp50 ribu per jiwa. Penerima zakat antara lain mereka yang fakir, miskin, mualaf, fisabilillah, dan para musafir.


Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016