Rejanglebong (Antara) - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, mulai mendistribusikan logistik pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di daerah itu.

Kepala BPMPD Rejanglebong Mohammad Rizal, di Rejanglebong, Senin, menjelaskan pendistribusian logistik pilkades serentak yang akan dilaksanakan 61 desa di 13 kecamatan tersebut dilaksanakan pada 11-13 Juli 2016.

"Pendistribusian logistik pilkades serentak berupa surat suara ini dilaksanakan dari kantor BPMPD Rejanglebong kepada 13 kecamatan, dan selanjutnya proses pendistribusian dari kecamatan ke masing-masing desa yang akan melaksanakan dilakukan oleh oleh panitia kecamatan," katanya.

Surat suara yang akan didistribusikan untuk 61 desa sebanyak 67.346 lembar. Terdiri dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 66.025 jiwa dan ditambah surat suara cadangan dua persen yakni 1.321 lembar.

Surat suara tersebut akan disimpan oleh panitia kecamatan masing-masing di kantor Polsek, dan selanjutnya didistribusikan ke tingkat desa paling lambat sehari sebelum pelaksanaan pilkades yakni 14 Juli mendatang.

"Untuk persiapan pelaksanaan pilkades serentak 2016 sudah lebih dari 90 persen dan saat ini tinggal pendistribusian logistik dari kecamatan ke masing-masing desa. Sedangkan untuk pembuatan tempat pemungutan suara dan persiapan lainnya sudah selesai dilakukan oleh panitia tingkatan desa," ujarnya.

Pelaksanaan pilkades serentak di Rejanglebong 2016 kata Mohammad Rizal, awalnya akan diikuti 63 desa yang tersebar di 13 kecamatan dari 15 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut.

Namun dua desa yakni Tebat Tenong Luar Kecamatan Bermani Ulu Raya dan Desa Ujan Panas, Kecamatan Padang Ulak Tanding belum bisa dilaksanakan karena calon pesertanya hanya satu orang.

Dari 61 yang akan melaksanakan Pilkades kata dia, desa yang paling sedikit pemilihnya ialah Desa Dataran Tapus, Kecamatan Bermani Ulu Raya dengan jumlah DPT sebanyak 241 pemilih.

Sedangkan untuk DPT Pilkades terbanyak berada di Desa Sumber Bening, Kecamatan Selupu Rejang dengan jumlah sebanyak 3.037 pemilih.***2***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016