Bengkulu (Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah mulai menyosialisasikan tahapan Pemilihan Kepala Daerah 2017 dengan kemungkinan adanya calon tunggal.

Ketua KPU Kabuoaten Bengkulu Tengah Asmara Wijaya di Bengkulu, Kamis mengatakan sosialisasi tersebut menyusul adanya wacana di tengah masyarakat yakni hanya ada calon tunggal yang akan maju pada Pilkada 2017 tersebut.

"Kita mulai mengenalkan konsep pilkada calon tunggal ke masyarakat, karena pemilihan dengan calon tunggal sebelumnya belum dikenal masyarakat," kata dia.

Jadi, jika Pilkada Bupati Bengkulu Tengah 2017 dengan calon tunggal memang terjadi, maka kata Asmara, masyarakat setempat sudah siap dan memahami tata cara pelaksanaanya.

Asmara menjelaskan pilkada calon tunggal sejatinya tidak jauh berbeda pemilihan yang memiliki jumlah calon lebih dari satu pasang.

"Tahapan tetap sama, juga ada debat kandidat, hanya saja bedanya, kalau calon tunggal debat kandidat bentuknya yakni penyampaian visi dan misi calon saja," kata dia lagi.

Selain soialisasi, tahapan pemilihan umum di Kabupaten Bengkulu Tengah, kata dia, tetap berlangsung, saat ini pihaknya sedang merekrut penyelenggara pemilu tingkat kecamatan dan kelurahan atau desa.

"Untuk pendaftaran calon kepala daerah, baru digelar pada 19-21 September 2016, di sana nanti kita lihat apa hanya satu calon saja atau lebih," ucapnya.

Setelah penetapan calon yang lulus verifikasi, tahapan selanjutnya yakni sosialisasi, debat kandidat serta kampanye baru akan digelar pada Februari 2017.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016