Mukomuko (Antara) - Tim Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Padang, Sumatera Barat, melakukan penelitian dan pengkajian untuk mengetahui sejarah masyarakat Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, dan keterkaitannya dengan masyarakat Padang.

"BPNB ini meneliti sejarah masyarakat Mukomuko. Sekaligus keterkaitan adat-istiadat dan kebiasaaan nelayan di Mukomuko dengan di Padang," kata Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Yulia Reni, di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, penelitian dan pengkajian yang dilakukan oleh Tim BPNB Padang di Kabupaten Mukomuko ini sudah memasuki tahap akhir.

Ia mengatakan, sekitar akhir bulan September dan awal bulan Oktober tahun ini Tim BPNB Padang akan menunjukkan hasil penelitian dan pengkajiannya tersebut.

Sedangkan, tindaklanjut hasil penelitian dan pengkajian tersebut, dapat menjadi dasar bagi pemerintah setempat untuk membuat program dalam bidang kebudayaan.

"Hasil penelitian dan pengkajian itu sangat berguna bagi bidang kebudayaan dalam menyusun program kerja," ujarnya lagi.

Selain itu, katanya, dapat menjadi acuan bagi warga masyarakat setempat untuk mengetahui sejarah masyarakat setempat pada zaman dahulu.

"Selama ini sudah banyak masukan tentang sejarah Kabupaten Mukomuko dari beberapa pelaku sejarah tetapi semua tidak sama," ujarnya lagi.***4*** 

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016