Bengkulu (Antara) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi mencapai empat meter di perairan Bengkulu hingga Pulau Enggano, pulau terluar di Samudera Hindia.

"Perairan Bengkulu hingga Pulau Enggano berpotensi dilanda gelombang tinggi mencapai empat meter," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu Sudiyanto di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan gelombang tinggi maksimum empat meter di perairan Bengkulu berpotensi membahayakan aktivitas warga, termasuk nelayan setempat.

Cuaca buruk di Samudera Hindia barat hingga Pulau Enggano juga berpotensi mengganggu aktivitas pelayaran dari Bengkulu menuju pulau terluar itu.

"Peringatan dini ini juga kami sampaikan ke PT ASDP yang melayani pelayaran dari Bengkulu menuju Pulau Enggano," ucapnya.

Selain gelombang tinggi di perairan Bengkulu, BMKG juga merilis peringatan dini potensi hujan lebat disertai petir yang melanda seluruh wilayah Bengkulu.

Potensi hujan lebat disertai petir melanda wilayah Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara, Tais, Kabupaten Seluma, Bintuhan, Kabupaten Kaur, Tubei, Kabupaten Lebong.

Wilayah Mukomuko, Kepahiang, Kota Bengkulu, Manna, Bengkulu Selatan, Karang Tinggi, Bengkulu Tengah, dan Curup, Kabupaten Rejanglebong juga berpotensi diguyur hujan lebat.

"Kami imbau warga di wilayah rawan bencana banjir dan longsor mewaspadai hujan lebat yang diperkirakan terjadi hingga esok," katanya. ***4***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016