Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bengkulu menggelar inovasi teknologi pertanian spesifik lokasi untuk mendorong produktivitas sektor pertanian di daerah itu.

"Kami menggelar inovasi teknologi pertanian spesifik lokasi ini dengan tujuan untuk menginformasikan hasil kegiatan pengkajian dan diseminasi selama 2011 kepada pengambil kebijakan dan pengguna teknologi mitra kerja sebagai upaya mendorong produktivitas sektor pertanian di daerah ini," kata Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu Dedi Sugandi, Kamis.

Ia mengatakan, sektor pertanian di Bengkulu berperan dalam ketahanan pangan maupun penyediaan lapangan pekerjaan kepada masyarakat.

"Percepatan penerapan  inovasi teknologi pertanian merupakan salah satu upaya mendorong produktivitas sektor pertanian di Bengkulu," katanya.

Ia menjelaskan, gelar inovasi pertanian spesisfik Bengkulu dilaksanakan selama dua hari dari 21-22 Desember 2011. Dalam kegiatan gelar teknologi tersebut diundang para petani dan pelajar dari Kota Bengkulu sebagai upaya mensosialisasikan inovasi teknologi pertanian.

"Para pelajar telah kami undang untuk melihat berbagai inovasi teknologi pertanian sehingga diharapkan menimbulkan ketertarikan kepada dunia pertanian," katanya.

Dalam gelar inovasi teknologi pertanian tersebut diselenggarakan serangkaian kegiatan seperti ekspose hasil pengkajian dan diseminasi teknologi spesifik lokasi, sosialisasi  model kawasan rumah pangan lestari, temu usaha lapang pengelolaan tanaman dan sumberdaya manusia.

Selain itu juga diadakan sosialisai perbenihan padi rawa, sosialisasi unit pengelola benih sumber BPTP Bengkulu dan pameran inovasi pertanian spesifik Bengkulu.

Gelar inovasi teknologi pertanian spesifik spesifik lokasi diikuti sekitar 250 peserta yang terdiri dari pengambil kebijakan dari dinas/instansi terkait, petugas lapangan, peneliti, penyuluh dan petani.

Dalam kegiatan tersebut digelar pameran berbagai inovasi teknologi pertanian yang diterapkan antara lain pada jagung, padi dan jeruk bali.(ANT-213/I016)

Pewarta:

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2011