Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu pada tahun 2017 mendapat kucuran dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI sebesar Rp152,1 miliar.

"Dari anggaran sebesar itu, salah satunya untuk peningkatkan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) sepanjang tujuh kilometer yang menghubungkan Desa Bantal dengan Desa Bunga Tanjung Kecamatan Teramang Jaya sebesar Rp48,4 miliar," kata Pengawas Jalan Balai Jalan Provinsi Bengkulu, Ziqri, saat dihubungi dari Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan, selain itu dana sebesar Rp48,4 miliar tersebut untuk peningkatan Jalinsum yang menghubungkan Kecamatan Ipuh dengan Kecamatan Air Rami.

Ia menyatakan, pihaknya belum menentukan pihak ketiga atau kontraktor yang mengerjakan pembangunan Jalinsum di dua lokasi tersebut.

"Belum ditentukan kontraktornya karena saat ini masih proses tender. dana sebesar itu harus dilaksanakan dalam satu tahun anggaran," ujarnya.

Sedangkan kegiatan pembangunan fisik lainnya yang bersumber dari APBN lain yang berada di bawah satuan kerja Balai Wilayah Sungai Sumatera VII Provinsi Bengkulu, yakni peningkatan irigasi sebesar Rp66,2 miliar.

Kemudian, dana peningkatan Jalinsum di Kabupaten Mukomuko sebesar Rp50,2 miliar, pembangunan pengendali banjir dan pengaman pantai sebesar Rp35,1 miliar.

Sedang dana APBN untuk pengendali banji Air Teramang sebesar Rp 3,8 miliar, pengendali banjir Air Payang dan Air Jerinjing Anak Air Selagan Desa Talang Buai sebesar Rp 4,6 miliar.

Selanjutnya anggaran untuk pembangunan pengaman Pantai Punggur Kecamatan Air Dikit sebesar Rp 6,4 miliar, pembangunan bangunan pengaman pantai Desa Pasar Ipuh Rp12,2 miliar dan pembangunan prasarana Danau Nibung Rp 7,7 miliar.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016