Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menghibahkan satu unit perahu karet berkapasitas 40 PK untuk operasional Pos TNI Angkatan Laut (Posal) dalam melakukan pengawasan dan pengamanan perairan laut di daerah itu.

"Saat ini kami sedang mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan hibah perahu karet ini," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Arif Isnawan, di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan, bantuan perahu karet untuk Pos TNI AL di daerah itu berawal dari usulan dari Pangkalan TNI Angkatan Laut Bengkulu. Kemudian ditindaklanjuti dan dianggarkan kegiatan untuk pembeliannya satu unit perahu karet dalam APBD perubahan 2016.

Ia menyebutkan, satu unit perahu karet dan mesin berkapasitas 40 PK tersebut dapat menampung sebanyak 10 orang.

Ia mengatakan, pemerintah setempat menghibahkan perahu karet tersebut untuk membantu Pos TNI ALI dalam mengawasi dan melakukan monitoring perairan laut di daerah itu.

Selain itu, katanya, anggota di Pos TNI AL bisa memanfaatkan perahu karet tersebut untuk membantu penanggulangan bencana alam banjir di daerah itu.

"Kita juga membutuhkan bantuan dalam penanganan bencana dari anggota TNI AL di daerah ini," ujarnya pula.

Lebih lanjut, ia mengatakan, instansi dan TNI AL merupakan mitra kerja dalam melakukan pengamanan perairan laut dari para pelaku pencurian ikan.***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017