Rejang Lebong (Antara) - Lima dari 54 sekolah tingkat SMP di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyatakan siap menyelenggaran ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada tahun 2017 di daerah itu.

"Dari 54 sekolah tingkat SMP di Rejang Lebong saat ini, ada lima sekolah siap menyelenggarakan UNBK tahun ini," kata Kabid SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong, Hanafi, di Rejang Lebong, Kamis.

Adapun lima sekolah itu, kata dia SMP Negeri 1 Rejang Lebong, SMPN 5 Rejang Lebong, SMP IT Khoiru Ummah, SMP Xaverius serta SMP Kreatif Aisyiyah Rejang Lebong.

Peserta yang akan mengikuti UNBK ini tercatat 746 siswa yang terdiri dari 285 siswa dari SMPN 1 Rejang Lebong, 322 siswa SMPN 5, kemudian 30 siswa SMP IT Khoiru Ummah, selanjutnya 46 siswa SMP Xaverius dan 63 siswa SMP Kreatif Asyiyah.

Sedangkan total seluruh peserta UN tingkat SMP se Rejang Lebong yang sudah masuh daftar nominasi peserta ujian sebanyak 4.058 siswa meliputi 1.987 pelajar laki-laki dan 2.071 pelajar perempuan.

Terkait masih sedikitnya sekolah melaksanakan UNBK di daerah itu, kata Hanafi karena masing-masing sekolah masih terkendala fasilitas penunjang berupa ketersediaan komputer belum mencukupi serta jaringan internet yang belum memadai.

Untuk itu pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak PLN dan PT Telkom setempat terkait pelaksanaan Ujian Nasional gelombang pertama dilaksanakan 2-4 Mei dan ujian susulan pada 15 Mei. Kemudian gelombang kedua pada 8-10 Mei dan ujian susulan pada 16 Mei, agar berjalan lancar.

"Kami akan berkoordinasi dengan PT PLN Rayon Curup agar tidak ada pemadaman listrik di sekolah yang melaksanakan UNBK, hal yang sama juga akan kami lakukan dengan pihak PT Telkom, sehingga pelaksanaan UNBK bisa berjalan sesuai harapan," ujarnya.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017