Rejang Lebong (Antara) - Dinas Pendidikan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, bekerja sama dengan kepolisian akan membentuk tim Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di 15 kecamatan.

Kabid Pembinaan SMP Disdik Rejang Lebong, Hanafi, di Rejang Lebong, Minggu mengatakan, pembentukan PKS akan dilaksanakan mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK.

"Pembentukan PKS dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Polres Rejang Lebong. Di tiap sekolah akan dibentuk tim PKS Februari nanti," katanya.

Calon angggot PKS dijaring 4-11 Februari. Masing-masing sekolah akan memilih siswanya untuk didaftarkan dan diserahkan kepada Disdik Rejang Lebong, yang kemudian diserahkan ke Polres setempat.

Masing-masing sekolah ini nantinya harus mengirimkan 20 siswa sebagai calon anggota tim PKS. Mereka akan diseleksi oleh petugas Polres Rejang Lebong. Teknis pemilihannya menjadi wewenang Polres Rejang Lebong.

Jika seleksi sudah selesai, kata Hanafi, siswa tersebut akan mendapatkan pelatihan dan pendidikan di masing-masing polsek.

Para siswa akan banyak mendapatkan arahan dan pendidikan dari pihak kepolisian.

Materi yang akan diberikan kepada siswa yang tergabung dalam PKS, di antaranya kedispilinan, pengetahuan umum tentang kriminalitas, narkoba, dan lalu lintas. PKS akan menjadi penegak disiplin di masing-masing sekolah.

Pembentukan PKS bertujuan menjaga kedisiplinan pelajar selain untuk mendukung pembentukan Kabupaten Rejang Lebong sebagai kota pendidikan, kota wisata dan kota relegius.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017