Jakarta (Antara) - Para investor Thailand meramaikan acara forum bisnis Indonesia, "Business Forum Indonesia", yang diselenggarakan di Centara Grand, Bangkok pada Kamis (27/4), seperti disampaikan dalam keterangan pers dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok yang diterima di Jakarta, Jumat.

Forum bisnis tersebut terselenggara atas kerja sama KBRI Bangkok dengan "Indonesia-Thai Chambers of Commerce" (INTCC) dan "Joint Foreign Chambers of Commerce of Thailand" (JFCCT).

Forum tersebut dihadiri sekitar 60 orang perwakilan dari perusahaan terbesar di Thailand, seperti Siam Cement Group dan PTT.

Forum itu dibuka oleh Duta Besar RI untuk Thailand Ahmad Rusdi dan Ketua INTCC Chandra Hartono Jokowidjaja, serta diisi oleh pemutaran video pesan dari Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong.

Pada kesempatan tersebut, Dubes RI menyampaikan kegiatan "Business Forum Indonesia" itu merupakan bukti nyata kuatnya hubungan perekonomian Indonesia dan Thailand, tidak hanya antarpemerintah, tetapi juga antarpengusaha, dalam hal ini antarkamar dagang.

Lebih lanjut, Dubes Ahmad Rusdi mengatakan bahwa perannya sebagai Dubes RI di Thailand adalah untuk memajukan hubungan antarmasyarakat (people-to-people) Indonesia dan Thailand, termasuk hubungan antara pengusaha.

Dia berharap bahwa forum bisnis tersebut diharapkan dapat menambahkan lagi investasi-investasi baru di Indonesia.

Kepala BKPM Thomas Lembong menyampaikan bahwa saat ini salah satu sektor investasi yang tengah digiatkan adalah di bidang pariwisata.

Berdasarkan data statistik turis Thailand yang mencapai 32 juta pada 2016, sedangkan Indonesia yang baru mencapai 11 juta turis masih memiliki ruang untuk mengembangkan diri.

Untuk itu pada 2017, Presiden Jokowi mencanangkan 10 destinasi pariwisata baru yang disebut "The New Bali", terdiri dari Mandalika, Danau Toba, Borobudur, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Wakatobi, Pulau Seribu, Morotai, Bromo dan Labuan Bajo. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017