Rejang Lebong (Antara) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak 4.058 siswa tingkat SMP sederajat di daerah itu siap mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional.

Menurut keterangan Kabid Pendidikan SMP Dikbud Rejang Lebong, Hanafi, saat dihubungi di Rejang Lebong, Senin, pelaksanaan UN tingkat SMP ini dilaksanakan 2-4 Mei dan akan diikuti oleh 4.058 siswa yang sudah masuk daftar nominasi tetap (DNT) yang terdiri dari 1.987 pelajar laki-laki dan 2.071 pelajar perempuan.

Para peserta UN ini kata dia, tersebar dalam 54 sekolah, dimana dari jumlah itu 49 sekolah akan melaksanakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP), dan lima sekolah lainnya akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Sedangkan untuk soal ujian UNKP tambah dia, sudah mereka terima pada Sabtu (29/4) lalu, yang dikirim dari Dikbud Provinsi Bengkulu dengan pengawalan petugas dari Polda Bengkulu, soal ini tiba di SMPN 2 Rejang Lebong, dan langsung dititipkan ke masing-masing Polsek sebelum di distribusikan ke masing-masing sekolah.

Soal ujian ini berjumlah sebanyak 91 dus soal berikut lembar jawaban peserta UN, dengan rincian 50 soal yang dibuat dalam dus berukuran besar dan 41 dus berukuran kecil.

"Soalnya langsung dibagi ke masing-masing untuk kemudian dititipkan di kantor Polres dan Polsek-Polsek di wilayah masing-masing. Tindakan ini untuk keamanan soal ujian, panitia akan mengambil soal ke kantor Polsek setiap hari pelaksanaan UN," ujarnya.

Pada pelaksanaan UN tingkat SMP di wilayah itu kata dia, selain akan diawasi oleh panitia juga melibatkan pihak kepolisian yang berpakaian preman, sehingga diharapkan pelaksanaannya tidak akan mengalami permasalahan.

Sementara itu lima SMP yang akan melaksanakan UNBK kali ini ialah SMP Negeri 1 Rejang Lebong dengan 285 peserta, SMPN 5 Rejang Lebong sebanyak 322 peserta, SMP IT Khoiru Ummah 30 peserta, SMP Xaverius 46 peserta dan SMP Kreatif Aisyiyah Rejang Lebong dengan 63 peserta UNBK.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017