Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu akan membeli sejumlah sarana olahraga dengan alokasi anggaran Rp500 juta dari APBD 2012.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu Septe Melian mengatakan pengadaan sarana olahraga tersebut diprioritaskan untuk lima cabang olahraga yang diunggulkan daerah.   "Lima cabang olahraga yang menjadi unggulan daerah antara lain angkat besi, gulat, atletik, renang, dan pencak silat," katanya di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan pengadaan peralatan olahraga tersebut sudah direncanakan pada tahun anggaran 2011 namun tidak terealisasi sebab tidak ada rincian Daftar Penggunaan Anggaran (DPA). Karena tidak dilengkapi rincian DPA akhirnya dana tidak diakomodir dalam APBDP 2011 dan tahun ini kembali diprogramkan.
"Tahun ini kami upayakan pembelian sarana olahraga benar-benar terealisasi," tambahnya.

Dengan  penambahan sarana olahraga tersebut akan memacu prestasi para atlet Bengkulu, terutama yang akan bertanding  pada PON di Provinsi Riau.  Ia mengharapkan Unit Layanan Pengadaan (ULP) provinsi segera melakukan pelelangan kegiatan sehingga program ini dapat terealisasi dalam waktu  dekat.

"Setidaknya sampai bulan ini, jika pekerjaannya normal kita sudah bisa menjalankan pengadaan itu setidaknya 50 persen, tapi ada kendala dari ULP," katanya. Dengan adanya penganggaran dana sarana olahraga tersebut, dapat mendukung optimisme para atlet dalam meraih prestasi. Hal ini mengingat salah satu penyebab terkendalanya prestasi yang diraih oleh atlet di Bengkulu, karena kurangnya sarana olahraga.

Sementara Wakil Ketua KONI Bengkulu mengatakan dengan pengadaan peralatan olahraga tersebut diharapkan dapat meningkatkan prestasi atlet yang akan turun di PON Pekanbaru 2012. "Kami menargetkan meraih lima emas dari sejumlah cabang olahraga unggulan," kata Wakil Ketua KONI Bengkulu Sanuludin.

 Ia mengatakan, sejak 1 Mei 2012, para atlet sudah masuk "training center" atau pusat latihan terpadu. Provinsi Bengkulu  mengikuti 11 cabang olahraga dengan menurunkan 27 atlet di PON Pekanbaru.  Dari 11 cabang olahraga tersebut terdapat lima cabang olahraga unggulan antara lain gulat, angkat berat dan wushu.

Selain dari cabang olah raga gulat dan angkat berat, olahraga balap sepeda juga ditargetkan mendulang medali.
"Atlet balap sepeda putri yang diturunkan pada PON Pekanbaru sedang berlatih di Solo untuk seleksi Sea Games dan saat ini sudah masuk 10 besar," katanya menerangkan.(rni)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012