Bengkulu (Antara) - Pemerintah Kota Bengkulu menggelar pasar murah menjelang Hari Raya Idul Fitri 2017 sampai ke tingkat kelurahan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan bahan pangan dengan harga lebih murah dibandingkan dengan harga pasar.

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di Bengkulu, Minggu menyebutkan pasar murah di tingkat kelurahan dinilai lebih efektif menjangkau masyarakat.

"Kalau kita gelar di satu tempat saja, atau di kecamatan misalnya, masyarakat kadang merasa tanggung jauh-jauh datang, mengapa tidak langsung ke pasar saja biar bisa beli banyak jenis kebutuhan, pikir mereka," kata dia.

Sementara jika di gelar di kelurahan, ini akan lebih memudahkan masyarakat karena dekat dengan lingkungan tempat tinggal dan manfaat pasar murah menjadi lebih tinggi apalagi bagi yang jauh dari pusat perbelanjaan, katanya.

"Tujuan kita sebenarnya bagaimana masyarakat mendapatkan komoditas murah serta stabilisasi harga. Selain komoditas yang dijual, lokasi yang tepat juga perlu dipertimbangkan," kata dia lagi.

Pemerintah Kota Bengkulu menyediakan sejumlah komoditas bahan pokok seperti beras, bawang putih, bawang merah, minyak goreng, tepung, dan gula.

"Nanti juga bisa kita sediakan kue-kue Lebaran dengan harga terjangkau di sana," ucap Helmi.

Sementara itu Perum Bulog Divisi Regional Bengkulu juga ikut menyediakan komoditas murah melalui program rumah pangan kita. Komoditas yang disediakan meliputi, beras, gula, minyak goreng bawang putih, bawang merah, tepung, cabai merah, serta daging Beku.

Ada sekitar 400 rumah pangan kita (RPK) di Provinsi Bengkulu. Dengan RPK, pendistribusian bahan pokok murah menjadi lebih maksimal, ujar Kepala Bulog Divre Bengkulu Subali Agung Gunawan.***3***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017