Bengkulu (Antara) - Pemerintah Kota Bengkulu menyiapkan layanan perawatan medis di rumah dan tidak harus rawat inap di rumah sakit bagi warga yang membutuhkan.

"Jika ada yang memang kondisi membutuhkan seperti itu, maka dokter dan perawat yang akan datang ke rumah, seperti contoh yang kemarin terjadi," kata Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di Bengkulu, Senin (12/6).

Menurut dia, pekan lalu ada warga yang seluruh keluarga membutuhkan perawatan medis layaknya rawat inap, namun keluarga tersebut keberatan untuk dirawat di Rumah sakit.

Alasannya, jika dirawat di rumah sakit akan lebih repot dalam saling mengurusi antar pasien, sementara tidak ada keluarga yang sehat yang harus menunggu.

"Selain itu juga tidak ada yang mengurus kebutuhan rumah, jadi kondisi seperti ini membuat kita memberikan pelayanan rawat inap di rumah pasien," kata dia.

Layanan ini, lanjut Helmi, merupakan salah satu wujud dari program "Bengkuluku Sehat" dan "Jemput Sakit Pulang Sehat" yang telah digalakkan pemerintah setempat dari tahun-tahun sebelumnya.

"Yang terpenting adalah, masyarakat harus mendapatkan hak sehatnya, jika belum memiliki jaminan kesehatan BPJS, maka pemkot berupaya mencarikan solusi dan mengurusnya," katanya.

Jika sampai dirujuk ke Jakartapun, pasien akan dirujuk dengan dibiayai oleh pemerintah daerah.

"Bagi masyarakat yang membutuhkan, silahkan lapor kami, atau telepon ke nomor pribadi saya," ujarnya.***4***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017