Mukomuko (Antara) - Pejabat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan pencairan dana desa tahap pertama sebesar 60 persen atau sekitar Rp100 miliar selesai dalam bulan Juli tahun ini.

"Dalam bulan Juli ini juga pencairan dana desa tahap pertama selesai," kata Kabid Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Eka Purwanto, di Mukomuko, Kamis.

Terkait dengan satu desa, yakni Desa Pondok Panjang, Kecamatan V Koto yang belum mencairkan dana desa, ia mengatakan, perangkat desa tersebut pada hari Senin (3/7) sudah ke instansi itu menyampaikan berkas penyaluran dana desa.

Selain itu, katanya, desa tersebut juga telah meminta registrasi anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun ini kepada instansi itu.

"Proses pencairan selanjutnya di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat," ujarnya.

Ia menyebutkan, sebanyak 148 desa di daerah itu pada tahun ini menerima bantuan dana desa (DD) sebesar Rp115 miliar yang bersumber dari APBN dan alokasi dana desa (ADD) sebesar Rp54 miliar dari APBD.

Ia menyebutkan, dari total dana bantuan yang diterima oleh 148 desa pada tahun ini, pada tahap pertama sebesar 60 persen sebesar Rp69 miliar dan dari APBD setempat Rp32 miliar.

"Total pencairan dana bantuan untuk 148 desa pada tahap pertama ini lebih dari Rp100 miliar," ujarnya.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017