Mukomuko (Antara) - Pejabat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan mayoritas desa di daerah itu memanfaatkan sebagian dana desa untuk membangunan jaringan internet di wilayahnya masing-masing.

"Mayoritas sebanyak 148 desa di daerah ini mengalokasikan sebagian dana desa untuk membangun jaringan internet desa," kata Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko Juni Kurniadiana di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan bahwa instansinya bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa setempat untuk mewujudkan keinginan seluruh desa setempat untuk mendapatkan jaringan internet di desa.

Selain itu, Dinas Kominfo setempat siap membantu memberikan bimbingan dan pendampingan kepada desa yang membangun jaringan internet tingkat desa ini.

Selanjutnya, pihak desa setempat menggunakan dana desa untuk membeli berbagai peralatan yang mereka butuhkan untuk membangunan jaringan internet di desa.

"Mereka bisa menggandeng PT Telkom untuk membangun jaringan internet, atau mereka membangun tower sendiri untuk mendapatkan jaringan internet," ujarnya.

Ia menerangkan bahwa instansi itu akan menyiapkan server induk yang nantinya dpaat terkoneksi dengan server internet di seluruh desa di daerah itu.

Menurut dia, server induk dapat berfungsi untuk membantu desa mendapatkan informasi tentang pelayanan masyarakat di tingkat kabupaten sehingga cara ini dapat memperpendek rentang kendali pelayanan dari kabupaten ke desa.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017