Bengkulu (Antara) - Pelaksana tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mendorong para pemuda dan pemudi daerah ini untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan guna menghadapi persaingan di pasar kerja lokal dan nasional.

"Keterampilan menjadi modal penting tapi tidak kalah penting semangat dalam diri, tanggung jawab dan keberanian," kata Rohidin saat membuka pelatihan peningkatan sumber daya manusia di Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu di Bengkulu, Kamis.

Rohidin mengatakan semangat harus dipupuk terus menerus disertai dengan kemauan meningkatkan keterampilan dan kapasitas.

Para peserta menurut dia dapat menggunakan kesempatan selama tiga bulan secara intensif untuk mengikuti pelatihan yang disediakan gratis itu.

"Berlatih sambil cari peluang dan kesempatan sehingga saat keluar nanti keterampilan yang dimiliki mampu diaplikasikan," katanya.

Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Provinsi Bengkulu, Dwi Enny Setyawati mengatakan sebanyak 256 orang pemuda dan pemudi dilatih berbagai keterampilan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia lokal.

"Pelatihan gelombang kedua ini diikuti 256 orang peserta dari berbagai latar pendidikan," kata dia.

Para peserta kata dia dibagi dalam 16 paket keterampilan antara lain pelatihan bahasa Jepang, pemandu wisata, sekretaris, mekanik junior mobil, mekanik junior sepeda motor, komputer, operator listrik industri, finishing kayu semprot, menjahit, juru las, tata rias dan pengolahan hasil pertanian dan perikanan.

Dwi menambahkan, pelatihan tersebut diharapkan menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas sekaligus menurunkan angka pengangguran dan mengurangi angka kemiskinan di daerah ini.

"Peserta sudah diseleksi tertulis dan wawancara, dan mereka mendapat pelatihan secara gratis," ujarnya.

Setiap peserta lanjut Dwi mendapatkan asuransi ketenagakerjaan dan uang saku serta mendapatkan sertifikat pelatihan kerja dari BLK bagi mereka yang lulus.***4***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017