Bengkulu (Antara) - Pemerintah Kota Bengkulu menyediakan air bersih secara gratis bagi warga yang terdampak musim kemarau, dengan pendistribusian secara langsung oleh Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dharma Kota Bengkulu.

"Alhamdulillah kita sudah mulai mendistribusikan air gratis ini ke warga sejak Senin (7/8) kemarin, dan ini akan tetap berlanjut," kata Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di Bengkulu, Selasa.

Salah satu daerah yang mulai merasakan kekeringan yakni di Kecamatan Selebar. Warga setempat, terutama yang tidak memiliki sambungan air bersih dari PDAM, kesulitan mendapatkan air bersih.

"Para warga mohon diperhatikan, pendistribusian air ini tanpa biaya apapun, kalau ada oknum yang memanfaatkan situasi ini laporkan ke Pemerintah Kota Bengkulu," kata dia.

Pendistribusian air bersih secara gratis itu, katanya, tanggung jawab moral pemerintah setempat dalam memberikan solusi ketersediaan air bersih saat kemarau.

Bagi masyarakat yang terdampak kekeringa sampai kekurangan air layak konsumsi, katanya, bisa mengajukan bantuan melalui layanan pesan singkat ke nomor 082186134569.

"Format SMS yang dikirimkan yakni nama, alamat lengkap disertai nomor telepon seluler pemohon dan menyebutkan permasalahannya," ucap Helmi.

Guna menjamin ketersediaan air bagi masyarakat untuk ke depannya, Pemerintah Kota Bengkulu terus menggiatkan program pemasangan gratis 10.000 instalasi PDAM bagi warga tidak mampu.

"Yang tidak dapat pada tahun 2017 ini, akan diusulkan kembali tahun 2018 nanti," kata Direktur PDAM Tirta Dharma Kota Bengkulu Sjobirin Hasan. ***4***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017