Rejang Lebong (Antara) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, optimistis pembangunan dua pasar modern di daerah itu akan selesai tepat waktu.

Menurut keterangan Kepala Disperindagkop dan UKM Rejang Lebong Sabirin Saleh di Rejang Lebong, Senin, pengerjaan pembangunan Pasar Belitar di Kecamatan Sindang Kelingi yang menelan anggaran APBN dan APBD Rejang Lebong senilai Rp4,1 miliar dan Pasar Kuliner juga pembiayaan APBN dan APBD senilai Rp1,1 miliar akan selesai sebelum akhir 2017.

"Dari pemantauan langsung yang kami lakukan untuk pembangunan Pasar Belitar saat ini kemajuan fisiknya sudah mencapai 50 persen, sedangkan Pasar Kuliner di Lapangan Setia Negara Curup kemajuan fisiknya berkisar 30 persen, pengerjaan kedua pasar ini kami yakni akan selesai sebelum tutup tahun," katanya.

Untuk pengerjaan pembangunan Pasar Belitar tambah dia, sesuai dengan perencanaannya pasar ini akan dibangun menjadi pasar tipe-D yang memiliki fasilitas pendukung seperti tempat parkir, mushala, kantor pasar hingga MCK, gapura dan jalan.

Sedangkan pembangunan Pasar Kuliner Rejang Lebong kata dia, dilakukan secara bertahap, dimana tahap pertama ini akan dibangun 28 petak atau 14 auning.

Pembangunan pasar ini bertujuan untuk menertibkan keberadaan PKL yang berjualan makanan dan minuman yang memakai badan jalan atau bahu jalan di sejumlah lokasi di daerah itu.

Dia berharap dengan adanya pembangunan kedua pasar ini nantinya akan menjadi pusat transaksi yang refresentatif baik kebutuhan pokok masyarakat dan aneka produk hasil pertanian masyarakat di Kecamatan Sindang Kelingi dan sekitarnya.

Hal yang sama juga diharapkan berlaku di Pasar Kuliner Rejang Lebong, yang akan menjadi pusat penjualan aneka makanan dan minuman baik khas daerah maupun dari berbagai daerah di Tanah Air, mengingat selama ini mereka masih berjualan di pinggiran jalan atau badan jalan terutama di kawasan Pasar Bang Mego, Pasar Atas dan beberapa titik lainnya.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017