Bengkulu (Antara) - Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu memetakan destinasi wisata di 10 kabupaten dan kota di daerah itu untuk dijadikan paket wisata unggulan, menyambut Tahun Kunjungan Wisata 2020 atau Visit Wonderful Bengkulu 2020.

"Pemetaan wisata unggulan ini bagian dari persiapan menjelang Tahun Kunjungan Wisata 2020," kata Kepala Seksi Pengembangan Destinasi Wisata Alam, Budaya dan Buatan Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Nasril di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan dari 10 kabupaten dan kota, sudah delapan daerah yang didatangi untuk disurvei wisata unggulannya yaitu Kabupaten Lebong, Rejanglebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Mukomuko, Seluma dan Bengkulu Utara.

Untuk wilayah Kabupaten Lebong, terdapat wisata arung jeram dari Desa Kota Donok menuju Danau Tes, wisata Danau Tes dan wisata alam pemandian air panas dan dingin di Desa Air Putih.

"Ada tiga lokasi wisata unggulan Lebong dan ketiganya merupakan wisata alam dan minat khusus seperti arung jeram," katanya.

Dari Kabupaten Rejanglebong, gunung aktif Bukit Kaba dan Danau Mas Bastari terpilih sebagai destinasi unggulan.

Berikutnya di Kabupaten Kepahiang terdapat Danau Suro dan kebun teh di Kabawetan. Wisata di sekitar kebun teh Kabawetan dirangkai dengan wisata alam air terjun Curug Embun dan Sengkuang.

Sedangkan destinasi unggulan pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara adalah objek wisata Palak Siring, Kemumu. Potensi air terjun dan keberadaan habitat bunga langka Rafflesia gadutensis menjadi daya tarik utama objek tersebut.

Habitat Rafflesia Arnoldii menjadi unggulan di Kabupaten Bengkulu Tengah, selain objek wisata Sungai Suci dan Danau Gedang.

"Sedangkan di Kabupaten Mukomuko, kami kesulitan menentukan destinasi unggulan karena pesisirnya tergerus abrasi dan sebagian statusnya hutan lindung," katanya.

Pemetaan, kata Nasril, akan dilanjutkan ke Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur yang berbatasan dengan Provinsi Lampung.***1***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017