Bengkulu (Antara) - Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah di hadapan rombongan Komite IV DPD RI menyampaikan harapannya agar Bengkulu masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) guna mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah ini.

"Kami berharap Bengkulu akan masuk dalam 60 daerah KEK yang dicanangkan Kementerian Bappenas," kata Rohidin di Bengkulu, Rabu.

Bila kawasan pesisir Pantai Barat Bengkulu dijadikan KEK, diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi Sumatera dan bisa membantu pengendalian fnflasi Sumatera.

Sebab, ongkos transportasi yang selama ini kerap menyumbang inflasi dapat dipangkas dengan optimalisasi jalur laut.

Apalagi, Pelabuhan Pulau Baai yang dikelola PT Pelindo II kata dia terpilih sebagai pelabuhan dengan kinerja terbaik tahun ini.

"Dari 13 cabang Pelindo II di Indonesia, kinerja Pelindo Bengkulu terbaik di 2017," ucapnya.

Meski merupakan provinsi kecil, Bengkulu lanjut Rohidin memiliki infrastruktur pelabuhan yang memadai dengan lahan pendukung mencapai 1.200 hektare untuk dikembangkan.

Ia berharap, Komite IV DPD RI dapat mendukung pemerintah daerah Bengkulu untuk mewujudkan harapan tersebut.

Menanggapi Plt Gubernur tersebut, Wakil Ketua Komisi IV DPD RI Siska Marleni mengatakan secara geografis, Bengkulu sudah memungkinkan untuk bisa menjadi salah satu KEK.

"Bengkulu sangat layak dan aspirasi ini akan kami sampaikan ke Kementerian Bappenas," kata Siska.

Secara statistik dan histori kata dia, Bengkulu memiliki peran strategis dalam perekonomian wilayah Pantai Barat Sumatera.***3***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017