Mukomuko  (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mendorong para petani di daerah itu untuk menanam tanaman kedelai secara swadaya di lahan pertanian untuk meningkatkan pendapatan.

"Tahun ini tidak ada bantuan benih kedelai dari pemerintah pusat, sebaiknya petani setempat menanam kedelai secara swadaya," kata Kabid Tanaman Pangan dan Hortukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Hari Mustaman di Mukomuko, Jumat.

Pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian setempat setiap tahun mendapat target luas lahan untuk tanaman kedelai, namun target luas lahan untuk tanaman kedelai tidak pernah terpenuhi.

Ia mengatakan, daerah itu pada tahun ini mendapat target luas lahan untuk tanaman kedelai seluas 600 hektare.

Ia menyatakan, instansinya sudah berusaha mencari lahan untuk tanaman kedelai, tetapi sebagian besar petani setempat kurang tertarik menanam kedelai.

Ia menjelaskan, petani di daerah itu kurang berminat menanam tanaman kedelai di lahannya karena kesulitan pemasaran hasil panen kedelai.

Ia mengatakan, sekarang hanya sebagian kecil petani di daerah itu yang masih menanam kedelai di lahan yang tidak begitu luas.

Ia berharap, lebih banyak petani di daerah itu yang tertarik memanfaatkan sebagian lahan pertanian yang belum ditanami tanaman padi dan jagung untuk tanaman kedelai.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018