Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Pelaksana tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi kopi lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan kopi lain di Nusantara.

"Mari kita tingkatkan konsumsi kopi lokal dan turut mengenalkan kopi Bengkulu ke kancah nasional dan internasional," kata Rohidin di Bengkulu, Rabu.

Kopi lokal kata Rohidin memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan produk kopi dari daerah lainnya.

Apalagi Bengkulu merupakan salah satu sentra penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia bersama Lampung dan Sumatera Selatan.

"Kopi robusta terbaik ada di Bengkulu tapi selama ini pemasaran lebih dominan lewat Lampung sehingga kopi Lampung lebih dikenal," ucapnya.

Komoditas kopi lanjut dia merupakan salah satu produk unggulan Bengkulu yang dapat menunjang tahun kunjungan wisata ke Bengkulu pada 2020 atau "Visit Wonderful Bengkulu 2020".

Selain meningkatkan pemasaran, peningkatan produksi kopi juga terus ditingkatkan dengan menyediakan sarana produksi pertanian berupa bibit unggul.

Salah satunya Pemerintah Kabupaten Kepahiang yang menyediakan sebanyak 3,2 juta batang bibit unggul kopi untuk meningkatkan produktivitas petani di wilayah sentra penghasil kopi robusta itu.

Pengadaan bibit unggul tersebut untuk meningkatkan produktivitas kebun kopi rakyat yang saat ini hanya 400 kilogram hingga 600 kilogram per tahun. Pengembangan kopi robusta yang menjadi ciri khas Kabupaten Kepahiang akan dipadukan dengan pariwisata dalam konsep agrowisata.***1***

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018