Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Harga jual getah karet kualitas kotor dan bersih di tingkat petani di tiga kecamatan di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak sebulan terakhir mengalami kenaikan dibandingkan dengan harga sebelumnya.

"Harga getah karet kualitas kotor dan bersih saat ini naik berkisar Rp200-Rp500 per kg," kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sudianto di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan hal itu menindaklanjuti laporan terkait harga jual getah karet kualitas kotor dan bersih dari sejumlah kelompok tani yang tersebar di tiga kecamatan di daerah itu.

Ia mengatakan, petani di Kecamatan Air Rami menjual getah karet kualitas kotor sebesar Rp7.300 per kg dan bersih sebesar Rp7.500 per kg, naik dibandingkan dengan sebelumnya, yakni getah karet kotor Rp6.800 per kg dan bersih Rp7.500 per kg.

Kemudian petani di Kecamatan Penarik menjual getah karet kotor sebesar Rp6.800 per kg dan karet bersih Rp7.000 per kg, naik dibandingkan sebelumnya, yakni getah karet kotor sebesar Rp6.500 per kg dan bersih Rp7.000 per kg.

Lalu petani di Kecamatan V Koto menjual getah karet kotor sebesar Rp7.000 per kg dan karet bersih Rp8.500 per kg, naik dibandingkan dengan harga getah karet sebelumnya kualitas kotor Rp6.800 per kg dan bersih Rp8.000 per kg.

Menurutnya, kenaikan harga getah karet petani sebesar itu belum sepenuhnya mampu menutupi biaya operasional yang dikeluarkan oleh petani untuk upah menyadap getah karet.

Termasuk, lanjutnya, untuk biaya pemeliharaan dan pembelian pupuk untuk bahan penyubur tanaman karet tersebut.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018