Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu tahun ini tidak menerima calon pegawai negeri sipil (CPNS) hanya memiliki ijazah SMA sederajat.

"Tidak ada penerimaan CPNS untuk lulusan SMA di daerah ini, karena pemerintah pusat tidak menyetujui usulan kuota CPNS untuk lulusan SMA," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Mukomuko Jawoto, di Mukomuko, Kamis.

Selain itu, katanya, berdasarkan pengalaman selama ini jumlah pendaftar CPNS dari lulusan SMA paling banyak dibandingkan pendaftar lulusan sarjana, sementara yang diterima hanya sedikit.

Ia menyatakan, berdasarkan pengalaman sebelumnya formasi CPNS untuk lulusan SMA sederajat sebanyak lima orang, tetapi yang mendaftar mencapai ribuan orang.

Pertimbang itu, katanya, sehingga pemerintah pusat dan kabupaten/kota memutuskan untuk tidak membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA.

Selain itu, katanya lagi, usulan formasi CPNS 2018 ini berdasarkan analisa jabatan (anjab). Dalam anjab tersebut tidak ada penerima CPNS dari lulusan SMA.

Pemerintah daerah setempat telah mengusulkan sebanyak 325 formasi calon pegawai negeri sipil dalam penerimaan tahun 2018.

Ia menyatakan, instansinya mengusulkan sebanyak 325 formasi CPNS tahun ini berdasarkan APBD untuk membayar gaji PNS setempat. Berdasarkan perhitungan gaji PNS di APBD sebesar 39 persen, sehingga pemerintah daerah ini berpeluang menerima sebanyak 325 formasi CPNS.

Pemerintah berencana tahapan pengadaan CPNS tahun ini mulai bulan Mei, yakni penetapan formasi CPNS. Kemudian pelaksanaan seleksi tes menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) pada bulan Agustus dan September.

Mayoritas formasi CPNS tahun 2018 untuk tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga keuangan untuk sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) setempat.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018