Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu segera menetapkan sebanyak 18 kelompok tani yang menerima bantuan sebanyak 33.400 butir kecambah kelapa sawit unggul dari pemerintah daerah setempat.

"Tidak lama lagi penetapan sebanyak 18 kelompok tani yang menerima bantuan. Penetapan kelompok yang menerima bantuan ini menggunakan SK bupati," kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto, di Mukomuko, Selasa.

Pemerintah daerah setempat tahun ini mengalokasikan dana sekitar Rp400 juta untuk paket proyek pengadaan sebanyak 33.400 butir kecambah kelapa sawit unggul untuk sebanyak 18 kelompok tani di daerah itu.

Ia menyatakan, sebanyak 18 kelompok tani tersebut tersebar di sejumlah kecamatan yang menjadi sasaran kegiatan pengembangan tanaman perkebunan kelapa sawit di daerah ini.

Dia memastikan, sebanyak belasan kelompok tani ini memenuhi persyaratan berupa kepemilikan lahan untuk lokasi pembibitan kecambah kelapa sawit unggul.

"Kami sudah turun untuk pematangan kelompok tani yang menerima bantuan kecambah kelapa sawit unggul. Seluruh kelompok tani tersebut memiliki lahan untuk lokasi pembibitan," ujarnya pula.

Lahan untuk lokasi pembibitan kecambah kelapa sawit unggul tersebut berada dekat dengan permukiman penduduk dan sumber air.

Menurutnya, lahan untuk lokasi pembibitan kecambah kelapa sawit unggul tersebut harus berada dekat permukiman penduduk demi menjaga keamanannya.

Selain itu, lahan untuk lokasi pembibitan tanaman kelapa sawit unggul harus berada dekat sumber air yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018