Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu akan mengupayakan pembentukan kelompok bina keluarga dalam setiap desa dan kelurahan di daerah itu.

Ketua TP-PKK Rejang Lebong Fitri Hertikasari Hijazi di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan dalam rangka mewujudkan keluarga yang berketahanan maka 156 desa dan kelurahan dalam 15 kecamatan di wilayah itu harus dibentuk kelompok bina keluarga.

Dijelaskannya, pembentukan kelompok bina keluarga ini memiliki lima program, antara lain kelompok bina keluarga balita (BKB), kelompok bina keluarga remaja (BKR), kelompok bina keluarga Lansia (BKL), kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) dan kelompok pusat informasi konseling remaja (PIK-R).

"Dengan adanya lima kelompok ini akan mampu mewujudkan keluarga yang berketahanan, untuk itu setiap desa dan kelurahan di Rejang Lebong harus dibentuk. Pembentukan lima kelompok ini juga akan mampu meningkatkan kualitas keluarga," katanya.
 
Ketua TP-PKK Rejang Lebong memberikan tropi kepada kelompok penggerak pembinaan keluarga di Rejang Lebong. (Foto Antarabengkulu)


Program yang digulirkan pemerintah untuk membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pembinaan keluarga itu sendiri tambah dia, adalah untuk membangun keluarga yang mandiri dan sejahtera sehingga akan melahirkan balita yang sehat, remaja cerdas, lansia sehat dan tangguh, perekonomian keluarga yang baik, keluarga berkualitas dan berketahanan.

Sedangkan upaya peningkatan pendapatan keluarga sejahtera atau UPPKS kata dia, juga harus dibentuk di Rejang Lebong dengan mengembangkan usaha dibidang produksi makanan, kerajinan dan sebagainya yang bisa menunjang program pemkab setempat dalam bidang pariwisata.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A-PPKB) Rejang Lebong Muradi mengatakan, di daerah itu saat ini kelompok bina keluarga yang aktif antara lain 92 kelompok BKB, 78 kelompok BKR, 70 kelompok BKL, 44 kelompok UPPKS dan 18 kelompok PIK-R berbasis masyarakat.

"Untuk memotivasi kelompok bina keluarga terbaik tingkat kabupaten selain kita berikan tropi dan piagama penghargaan juga akan kita ikutsertakan dalam lomba anugerah kencana tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2018 ini," ujarnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018