Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan akreditasi sebanyak enam puskesmas kepada Kementerian Kesehatan pada 2018 atau bertambah dibandingkan 2017 yang hanya empat puskesmas.

"Tahun ini sebanyak enam puskesmas diusulkan untuk diakreditasi. Enam puskesmas ini ada di Desa Lubuk Sanai, Desa Teras Terunjam, Desa Tunggal Jaya, Desa Bantal, Desa Pondok Suguh, dan Desa Retak Mudik," kata Kabid Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Erik Prasetya di Mukomuko, Rabu.

Pada 2017, sebanyak empat puskesmas di daerah itu yang lulus akreditasi yang terdiri atas satu puskesmas tingkat dasar dan tiga lainnya tingkat madya.

Ia memperkirakan Tim Surveyor Akreditasi Kementerian Kesehatan melakukan penilaian terhadap enam puskesmas yang diusulkan untuk diakreditasi sekitar Oktober 2018.

Baca juga: Dinkes Mukomuko targetkan pencairan dana BOK Maret

Sekarang ini, katanya, sebanyak enam puskesmas yang diusulkan untuk diakreditasi dalam tahap persiapan untuk mendapatkan penilaian dari tim.

Sedangkan instansinya, katanya, sekarang ini memberikan pendampingan dengan memberikan masukan dan materi tentang akreditasi puskesmas.

Setelah memberikan pendampingan, katanya, selanjutnya pihak puskesmas menyusun dokumen sesuai standar akreditasi.

Selain itu, ia mengatakan, instansinya melakukan penggalangan komitmen dari seluruh tenaga medis di enam puskesmas tersebut.

Baca juga: Dinkes usulkan pelayanan kesehatan di desa terpencil

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018