Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan bantuan sekitar 75 ekor sapi dari pemerintah provinsi untuk lima kelompok tani di wilayah yang masih sedikit beternak sapi.

"Kami telah mengusulkan kelompok tani yang mendapat bantuan sapi ke pemerintah provinsi setempat. Lima kelompok tani ini berasal dari wilayah yang sedikit beternak sapi," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Rabu.

Ia menyatakan, sebanyak lima kelompok tani di daerah itu yang akan menerima bantuan sapi dari pemerintah provinsi setempat, atau bertambah dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak empat kelompok tani.

Ia mengatakan, setiap kelompok tani di daerah itu akan mendapat bantuan rata-rata sebanyak 15-17 ekor sapi, atau sama dengan bantuan yang diterima oleh kelompok tani pada tahun sebelumnya.

Ia mengungkapkan, sebanyak lima kelompok tani tersebut tersebar di Kecamatan Selagan Raya dan Kecamatan Malin Deman karena jumlah ternak sapi di wilayah itu masih sedikit.

Sekarang ini, ia menyatakan, instansinya masih menunggu petunjuk teknis terkait sistem bantuan dari pemerintah provinsi setempat, itu hibah atau bergulir seperti bantuan tahun sebelumnya.

Kalau sistemnya bergulir, katanya, maka kelompok tani yang menerima bantuan satu ekor sapi wajib mengembalikan satu ekor sapi untuk digulirkan kepada kelompok tani lain yang belum menerima bantuan.

Menurutnya, sistem perguliran yang diterapkan oleh pemerintah provinsi setempat terhadap kelompok tani setempat lebih sedikit dibandingkan dengan pemerintah daerah setempat.

"Kalau kita memberikan bantuan sapi dengan sistem bergulir, satu ekor sapi harus kembali dua ekor," ujarnya.

Baca juga: Distan Mukomuko beri bantuan atasi hama padi
Baca juga: Distan tetapkan pelaksana pembangunan sarana pertanian

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018