Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Harga cabai merah pada tingkat pedagang pengecer di pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu beberapa hari ini sebesar Rp40.000 per kilogram atau mengalami penurunan dibandingkan sebelumnya.

"Harga cabai merah turun sebesar Rp10.000 per kg dari sebesar Rp50.000 menjadi Rp40.000 per kilogram," kata pedagang sayuran di pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya, Makomah, di Mukomuko, Selasa.

Harga cabai merah di pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya pada minggu lalu sebesar Rp50.000 per kg, kini harganya turun menjadi sebesar Rp40.000 per kg. 

Ia menjelaskan, harga cabai merah di pasar ini turun karena pasokan cabai merah dari petani setempat dan dari luar daerah ke pasar itu jumlahnya sedang banyak. 

Berbeda dengan kondisi pada minggu lalu, katanya lagi, pasokan cabai merah dari petani di pasar itu terbatas 

Ia menerangkan, meskipun saat ini harga cabai merah di wilayah itu turun namun tidak mempengaruhi pendapatan pedagang sayuran. Pedagang tetap mengambil keuntungan berkisar sebesar Rp5.000 hingga Rp10.000 per kg. 

Warga Desa Ujung Padang Warni menilai harga cabai merah yang dijual oleh pedagang di pasar tradisional di Kelurahan Koto Jaya masih tergolong mahal.

"Harga cabai merah masih tinggi. Seharusnya harga cabai merah sebesar Rp20.000 per kg saat pasokan sedang banyak sekarang ini," ujarnya pula.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018