Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan sebanyak 25 nelayan setempat dalam waktu dekat ini akan menerima bantuan jaring milenium untuk pengganti alat tangkap trawl dari pemerintah pusat.

"Jaring sudah ada. Dalam waktu dekat ini bantuan tersebut diterima nelayan," kata Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Rahmad Hidayat di Mukomuko, Minggu.

Sebanyak 25 nelayan di Desa Pasar Sebelah, Kecamatan Kota Mukomuko akan menerima bantuan jaring milenium berukuran 4,5 inci dan sepanjang 1.000 meter dari pemerintah pusat.

Sebelum nelayan menerima pembagian bantuan jaring tersebut, katanya, nelayan tersebut harus menandatangani pakta integritas sebagai bentuk komitmen mereka untuk tidak menggunakan alat tangkap trawl.

"Mereka menandatangani pakta integritas sebagai bentuk komitmen mereka untuk tidak menggunakan alat tangkap trawl," ujarnya.

Tidak hanya nelayan dari Desa Pasar Sebelah yang menandatangani pakta integritas, katanya, termasuk nelayan dari Kecamatan Teramang Jaya yang diusulkan mendapat bantuan jaring untuk pengganti alat tangkap trawl.

"Mereka menandatangani pakta integritas sebagai persyaratan untuk menerima bantuan jaring dari pemerintah pusat," ujarnya.

Setelah nelayan menandatangani pakta integritas tersebut, ia menyatakan, selanjutnya nelayan dilarang menangkap ikan menggunakan alat tangkap trawl.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018