Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah menetapkan Desa Tunggal Jaya, Kecamatan Teras Terunjam sebagai desa terbaik pertama tingkat kabupaten setempat.

"Tim telah memutuskan Desa Tunggal Jaya sebagai peserta lomba desa terbaik pertama tahun ini, namun keputusan tim itu belum ditetapkan berdasarkan SK Bupati," kata Kabid Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto, di Mukomuko, Kamis.

Tim lomba desa tingkat kabupaten ini terdiri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, bidang pemerintahan pemerintah setempat, bidang kesejahteraan, lintas sektoral, Bapelitda, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil, polisi, BPBD, dan akademisi.

Tim ini bertugas menilai sebanyak 15 desa terbaik yang mewakili kecamatannya untuk mengikuti perlombaan desa terbaik tingkat kabupaten setempat.

Tim lomba desa ini menilai 15 desa yang mewakili kecamatannya berdasarkan tiga aspek, yakni administrasi pemerintahan, kewilayahan meliputi tingkat kriminalitas, partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan tanggap bencana, kemudian aspek kemasyaratan.

Begitu juga pihak kecamatan melakukan penilaian terhadap desa terbaik tingkat kecamatan berdasarkan tiga aspek.

Kecamatan melakukan penilaian setelah desa yang mengikuti lomba desa tingkat kecamatan ini mengikuti tahapan evaluasi diri oleh desa, atau penilaian diri sendiri terkait tiga aspek tersebut.

Kemudian dari hasil penilaian sendiri tersebut disampaikan ke kecamatan.

Ia menerangkan, Desa Tunggal Jaya yang telah ditetapkan sebagai desa terbaik tingkat kabupaten akan mewakili kabupaten mengikuti lomba desa tingkat provinsi.

Pelaksanaan lomba desa tingkat provinsi dijadwalkan setelah Idul Fitri.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018