Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Kantor Cabang BPJS Kesehatan Cabang Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyatakan kalangan peserta BPJS Kesehatan yang akan mudik lebaran tahun ini mendapat perlakuan istimewa.

"Selama mudik lebaran tahun ini mereka diberikan kemudahan mengakses pelayanan medik dasar di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) atau Puskesmas di mana saja mereka berada, dan jika FKTP nya tutup mereka bisa langsung ke IGD RSUD terdekat," kata Imam Prawira Negara, Kepala BPJS Kesehatan Curup, di Rejang Lebong, Selasa.

Pelayanan istimewa ini tambah dia, diberikan mulai dari H-8 hingga H+8 atau 7-23 Juni. Kalangan peserta BPJS Kesehatan ini bisa berobat di FKTP walaupun tidak terdaftar di Puskesmas, klinik, dokter keluarga dan dokter gigi.

Kalangan pemudik yang akan melintas di wilayah kerja BPJS Kesehatan Curup yang membawahi empat kabupaten tambah dia, akan dilayani oleh 112 FKTP baik berupa Puskesmas, klinik swasta dan Polri, dokter keluarga serta dokter gigi.

FKTP yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan ini antara lain di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 31 FKTP terdiri dari enam dokter keluarga, dua klinik, satu dokter gigi dan 22 Puskesmas. Kemudian di wilayah Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 39 FKTP yang terdiri dari 11 dokter keluarga, lima klinik, dua dokter gigi dan 21 Puskesmas.

Seterusnya di wilayah Kabupaten Kepahiang 24 FKTP, terdiri dari tujuh dokter keluarga, tiga klinik dan 14 Puskesmas, serta untuk wilayah Kabupaten Lebong 18 FKTP, terbagi empat dokter keluarga, satu klinik dan 13 Puskesmas.

Selain itu pihak BPJS Kesehatan Curup sendiri kata dia, pada musim libur lebaran ini juga akan tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam empat kabupaten pada tanggal 11,12,13,14 kemudian tanggal 18,19 dan 20 Juni, sesuai dengan jam kerja mulai dari pukul 08.00-12.00 WIB.

Kemudahan yang diberikan kepada peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik lebaran itu berlakukan secara nasional dan diharapkan bisa memberikan kenyamanan bagi pemudik lebaran Idul Fitri tahun ini.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018