Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyiagakan tujuh puskesmas di jalur mudik Lebaran di daerah itu.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Samsir di dampingi Kabid Pelayanan Kesehatan Masyarakat Asri di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan tujuh puskesmas yang disiagakan 24 jam itu untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi pemudik serta mengantisipasi jika terjadinya kecelakaan lalu lintas selama arus mudik Lebaran.

Sebanyak tujuh puskesmas yang akan buka 24 jam itu, adalah puskesmas yang tidak memiliki ruang rawat inap, namun letaknya berada di jalur mudik sehingga mereka buka nonstop.

Adapun tujuh puskesmas itu, antara lain dua puskesmas di Jalan Lintas Curup-Muara Aman, Kabupaten Lebong, yakni Puskesmas Tunas Harapan, Kecamatan Curup Utara dan Puskesmas Bangun Jaya, Kecamatan Bermani Ulu.

Selain itu, empat puskesmas di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumatera Selatan, yakni Puskesmas Padang Ulak Tanding, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Puskesmas Kepala Curup, Kecamatan Binduriang, Puskesmas Beringin Tiga, Kecamatan Sindang Kelingi, Puskesmas Sambirejo, Kecamatan Selupu Rejang, serta Puskemas Curup di dalam kota setempat.

Puskesmas yang disiagakan 24 jam itu, kata dia, akan memberikan pelayanan kepada masyarakat dan pemudik selama musim libur Lebaran terhitung 11-20 Juni mendatang, sedangkan untuk 14 puskesmas lainnya juga akan tetap buka sesuai dengan jam kerja, di mana petugas yang akan mengisinya dengan sistem piket dan didukung ketersediaan mobil ambulans.

Ia menjelaskan 21 puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di Rejang Lebong akan tetap buka selama libur Lebaran guna memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di masing-masing kecamatan maupun pemudik.

Selain menyiagakan tujuh puskesmas di jalur mudik, kata dia, petugas kesehatan di daerah itu juga akan bertugas di tiga posko keamanan dan dua posko pelayanan bergabung dengan petugas keamanan dari jajaran Polri, TNI, OPD, dan organisasi kemasyarakatan di Posko Lebaran 2018.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018