Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Kepala Kepolisian Daerah Bengkulu mengatakan pelaksanaan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Bengkulu pada Rabu (27/6) secara umum berjalan tertib, lancar dan aman.

"Penyelenggaraan pilkada berlangsung lancar, tertib dan aman, semua berjalan dengan baik tanpa kendala," kata Coky di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan penyelenggaraan pilkada yang berjalan baik harus dibarengi dengan sikap "legowo" keempat pasangan calon yang harus siap menerima hasil penghitungan suara oleh KPU Kota Bengkulu. Para pasangan calon kata dia, harus siap kalah dan siap menang sebab masyarakat Kota Bengkulu sudah menentukan pilihannya. "Jika kalah harus `legowo` dan jika menang jangan terlalu euforia misalnya dengan pawai keliling, nanti akan kita cegah," ujar Coky.
 
Brigjen Polisi Coky Manurung. (Foto Polda Bengkulu) 

Sementara Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengapresiasi penyelenggaraan Pilkada Kota Bengkulu yang berlangsung tertib dan lancar. Rohidin bersama anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) memantau pelaksanaan pemungutan suara di beberapa tempat pemungutan suara (TPS).

"Secara umum penyelenggaraan pilwakot tahun ini berjalan baik tanpa kendala," kata Rohidin.  Menurutnya, kunci keberhasilan penyelenggaraan pilkada antara lain bergantung pada kesiapan penyelenggara. Bila penyelenggara melakukan tugas dengan baik dan masyarakat mengikuti setiap alur dengan tertib maka kegiatan akan sukses.

Peninjauan proses pemungutan suara dilakukan oleh tim Forkominda ke beberapa TPS antara lain TPS 20 Kelurahan Pagar Dewa, TPS 33 Kelurahan Sungai Rupat, TPS 9 Lingkar Barat, TPS 2 Jalan Gedang, dan TPS 3 Kelurahan Anggut. (H019).

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018