Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, segera menyalurkan bantuan sebanyak 5.250 ton benih jagung unggul jenis pioneer kepada kelompok tani di daerah itu.

"Pembagiannya dalam bulan ini. Saat ini sedang proses pengadaan barang," kata Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Holtukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sugiyanto di Mukomuko, Minggu.

Pemerintah setempat melalui Dinas Pertanian menggunakan sistem pengadaan barang melalui e-katalog untuk membeli 5.250 benih jagung bagi kelompok tani.

Instansinya menggunakan sistem pengadaan barang melalui e-katalog untuk membeli benih jagung karena barangnya sudah tersedia di pabrik.

Pemerintah memberikan bantuan benih jagung untuk pengembangan tanaman ini di lahan kering di daerah itu.

Mayoritas kelompok tani yang menerima bantuan benih jagung menanam benih padi tersebut di lahan perkebunan kelapa sawit. Lahan perkebunan kelapa sawit yang dijadikan lokasi untuk ditanami benih jagung, merupakan tanaman kelapa sawit yang masih berumur di bawah dua tahun.

Sebanyak 44 kelompok tani yang memiliki lahan seluas 1.000 hektare di daerah itu mendapatkan bantuan sebanyak 15 ton benih jagung yang terdiri dari sebanyak 9.750 ton benih jagung jenis pertiwi dan 5.250 ton benih jagung jenis pionir.

Instansinya sebelumnya menyalurkan sebanyak 9.750 ton benih jagung atau sekitar 65 persen dari 15 ton benih jagung kepada kelompok tani. Masih ada sekitar 35 persen dari 15 ton benih jagung yang akan disalurkan dalam waktu dekat ini. 

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018