Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Pihak PT Agro Muko, Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membangun kebun plasma kelapa sawit untuk masyarakat di Kecamatan Malin Deman.

“Perusahaan perkebunan kelapa sawit ini berencana membangun kebun plasma di lahan seluas 150 hektare milik masyarakat di wilayah ini. Perusahaan siap apabila ada lagi penambahan luas lahan yang dibangun kebun plasma,” kata Camat Malin Deman Suhapri di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan, Perusahaan perkebunan kelapa sawit menggunakan pihak ketiga untuk membangun kebun plasma kelapa sawit di lahan kosong seluas ratusan hektare milik masyarakat di wilayah ini.

Pihak ketiga saat ini sudah mulai melaksanakan kegiatan penumbangan pohon yang ada di lokasi yang akan dibangun kebun plasma kelapa sawit untuk masyarakat di wilayah ini.

“Pihak ketiga ini menggunakan alat berat untuk menumbangkan pohon yang ada di dalam lokasi yang dibangun kebun plasma untuk masyarakat di wilayah ini ,” ujarnya pula.

Ia menyatakan, masyarakat yang memiliki lahan tersebut memperoleh pendapatan dari sana setelah kebun plasma kelapa sawit yang dibangun oleh perusahaan itu menghasilkan.

Masyarakat yang memiliki lahan itu memperoleh sekitar 70 persen dari hasil panen kebun plasma kelapa sawit dan perusahaan mendapatkan sebesar 30 persen setelah dihitung semua biaya operasional pembangunan dan pemeliharaan kebun plasma tersebut.

“Sistem pembagiannya sama seperti kebun plasma lainnya. Masyarakat yang lebih banyak memperoleh pendapatan dari hasil panen setelah dipotong biaya operasional untuk itu,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya kebun plasma kelapa sawit di wilayah ini, pendapatan masyarakat setempat menjadi lebih meningkat dibandingkan sebelummnya.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018