Bintuhan (Antaranews Bengkulu) - Dinas Perikanan Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, mendorong investor untuk menggarap bisnis dan logistik dalam pengelolaan sektor maritim di daerah itu.

"Laut Kaur punya tuna, gurita, hingga garam. Kami dorong para investor untuk datang dan mengembangkan potensi maritim tersebut," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kaur, Edwar Happy saat dihubungi di Bintuhan, jumat.

Dia menjelaskan, peningkatan ekonomi kelautan saat ini belum tercapai maksimal karena koneksi bisnis yang masih lemah akibat terkendala aksesibilitas.

Karena itu, investasi baik dalam maupun luar negeri didorong untuk turut serta membangun dan mengembangkan sektor maritim menjadi industrialisasi.

Garam konsumsi, armada kapal merupakan dua subsektor maritim yang mendapat perhatian penuh Pemerintah Kaur untuk dikembangan ke dalam skala industri dengan melibatkan swasta.

"Tahun ini, pemerintah juga akan memulai pembangunan pelabuhan pendaratan ikan di kawasan Pasar Lama. Dengan adanya pelabuhan, maka kapasitas armada tangkap akan meningkat yang pada akhirnya mampu mengoptimalkan produksi perikanan," ujarnya.

Dia menuturkan, berbagai infisatif serta dorongan investasi yang dilakukan itu diharapkan dapat mempercepat pembangunan sektor maritim yang terintegrasi, sehingga mendorong laju pertumbuhan ekonomi daerah.

"Sektor maritim akan terus dikembangkan hingga menjadi mesin pertumbuhan ekonomi baru yang berkelanjutan. Pengembangan ini tidak hanya melalui campur tangan pemerintah, tetapi juga swasta," ucapnya.

Pewarta: Sugiharto Purnama

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019