Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini akan membangun sebanyak 15 demplot untuk memberikan contoh tentang cara menanam tanaman pertanian dan perkebunan kepada kepada masyarakat di daerah ini.

“Kita membangun sebanyak 15 demplot di lahan milik Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang ada di 15 kecamatan di daerah ini,” kata Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Elxandi di Mukomuko, Minggu.

Pemerintah setempat melalui Dinas Pertanian tahun ini menyiapkan sarana produksi, benih tanaman pertanian dan pupuk untuk membangun sebanyak 15 demplot di daerah ini.

Kemudian semua bantuan untuk pembangunan demplot tersebut diserahkan kepada sebanyak BPP di daerah ini, selanjutnya mereka yang membangun demplot di lahannya masing-masing.

“Selama ini BPP di daerah ini sudah memiliki demplot sendiri, tetapi mereka membangunnya secara swadaya, sekarang mereka mendapatkan bantuan untuk membangunnya,” ujarnya pula.

Dinas Pertanian setempat melalui sebanyak 15 BPP membangun sebanyak 15 demplot untuk memberikan contoh kepada masyarakat di daerah ini tentang cara menanam tanaman pertanian yang baik.

Sedangkan jenis tanaman yang akan ditanam di 15 demplot di daerah ini berbeda-beda, tergantung dengan karakteristik wilayah atau tanaman yang bisa tumbuh di setiap wilayah tersebut.

Ia menyatakan, demplot untuk pencontohan tanaman pangan atau padi di wilayah yang ada irigasi seperti Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan V Koto, Kecamatan Air Manjuto, Kecamatan XIV Koto, Kecamatan Selagan Raya dan sebagian kecil di Kecamatan Malin Deman.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019