Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat menggelar musyawarah guna menjaring aspirasi desa dan kecamatan dalam menyusun rencana program pembangunan sektor pertanian yang unggul berkelanjutan dan berbasis sumber daya lokal.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Heri Prasetyono dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa, mengatakan kegiatan musyawarah ini melibatkan seluruh kepala desa dan camat yang ada di daerah ini.

Ia menyatakan, kegiatan musyawarah rencana pembangunan pertanian ini untuk kepentingan penyusunan program dan kegiatan pembangunan pertanian tahun ini, sekaligus menyamakan persepsi pembangunan sektor ini.

Program dan kegiatan pembangunan sektor pertanian ini terdiri dari sektor pertanian tanaman pangan meliputi tanaman padi, jagung, palawija, perkebunan kelapa sawit, karet dan peternakan.

Ia berharap, kegiatan seperti ini dapat meningkatkan pertanian yang tangguh, berdaya saing dan berkualitas melalui pengembangan dan penerapan IPTEK serta pemanfaatan sumberdaya pertanian secara optimal serta mewujudkan swasembada pangan daerah.

Untuk mencapai tujuan ini, maka sasaran pembangunan  pertanian diarahkan pada peningkatan pendapatan dan taraf hidup petani melalui intensifikasi,ekstensifikasi dan diverifikasi pertanian, meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan kesempatan kerja disektor pertanian.

Selain itu terwujudnya penyediaan pangan dan hasil pertanian dengan mutu dan derajat pengolahan yang baik, meningkatkan peran pertanian dalam pembangunan wilayah, tercapainya swasembada dan ketahanan pangan daerah dan lainnya.

Ia menyatakan, Dinas Pertanian tahun 2019 ini memiliki anggaran belanja langsung yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) lebih dari sebesar Rp19,039 miliar .

Anggaran sebesar ini untuk sebanyak 14 program dan sebanyak 75 kegiatan pembangunan sektor pertanian.

Belasan program dan kegiatan itu dialokasikan di bidang sarana dan prasarana,bidang tanaman pangan dan hortikultura, bidang perkebunan, bidang peternakan  dan bidang penyuluhan.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019