Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu menyebutkan, gelombang laut di perairan Bengkulu berpeluang mencapai tiga meter.

Prakiraan gelombang laut tiga meter itu juga berpeluang terjadi di perairan Enggano hingga perairan Lampung, kata analisis BMKG stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Selasa.

Ia mengatakan, gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano sementara ini rata-rata 2,5 meter, namun tetap berpeluang mencapai tiga meter.

Hal itu berdasarkan peringatan dini BMKG yang menyebutkan, gelombang tiga meter itu selain terjadi di perairan di wilayah Bengkulu dan Lampung juga berpeluang terjadi perairan Aceh dan barat Mentawai.

Sedangkan gelombang laut di Barat Bengkulu tetap 2,5 meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 08-20 knots. Angin di perairan Bengkulu berhembus dari arah Timur laut hingga Selatan dengan kecepatan antara 05-18 knots dan angin di perairan Enggano bertiup dari Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 07-18 knots.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Aceh, wilayah Sumatera Utara, wilayah Riau, wilayah Sumatera Barat, wilayah Jambi dan Samudera Hindia Utara Aceh hingga Barat Daya Mentawai.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Selatan dengan kecepatan 08 - 32 km/ jam atau 05 - 18 knots. Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya cerah berawan, terutama mulai dari Mukomuko, Kota Bengkulu dan Kabupaten Kaur, dengan suhu udara antara 23-32 derajat celcius dan kelembaban antara 55-95 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012