Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) yang dibiayai Islamic Development Bank (IDB) di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu tahun ini akan menyasar 15 lokasi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rejang Lebong, Yusran Fauzi di Rejang Lebong, Senin, mengatakan program Sanimas-IDB yang diterima daerah itu sejak 2016 lalu sebanyak 24 lokasi sasaran namun saat ini yang baru diselesaikan di sembilan lokasi sasaran.

"Dari 24 lokasi sasaran ini yang sudah dikerjakan pada tahun 2016, 2017 dan 2018 baru sembilan lokasi, untuk 15 lokasi sasaran lainnya akan dilanjutkan pada tahun ini," ujarnya.

Program Sanimas-IDB yang diterima Kabupaten Rejang Lebong selama tiga tahun belakangan kata dia, telah dialokasikan untuk membangun sembilan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik-Terpusat (SPALD-T) berupa MCK kombinasi dan IPAL komunal dengan jumlah anggaran yang terserap mencapai Rp3,8 miliar.

Program Sanimas berupa pembangunan SPALD-T di daerah tersebut tambah dia, diperuntukkan bagi 50 rumah atau lebih memiliki satu tempat pembuangan air limbah berupa IPAL komunal dan MCK, di mana tujuannya untuk menjaga kebersihan lingkungan bawah tanah maupun permukaan tanah.

Program ini merupakan bagian dari upaya Kementerian PUPR untuk mencapai target rencana strategis 2015-2019 melalui program 100-0-100 yakni target 100 persen akses air minum, 0 persen kawasan permukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi layak.

Program Sanimas IDB yang diterima Kabupaten Rejang Lebong sejak 2016 lalu kata dia, secara keseluruhan berjumlah 24 lokasi dan sampai 2018 lalu baru terlaksana di sembilan lokasi. Sedangkan 15 lokasi lainnya akan diteruskan pembangunannya pada tahun ini.

Adapun senbilan lokasi program Sanimas IsDB yang pembangunannya telah selesai dilaksanakan pada 2018 ini sudah diresmikan pada Sabtu (23/3) kemarin, diantaranya dalam Kecamatan Curup Timur yang meliputi Desa Duku Ulu, desa Kampung Delima dan Desa Kesambe Lama.

Selanjutnya dalam wilayah Kecamatan Curup Utara tersebar dalam Desa Lubuk Kembang, Desa Seguring, dan Desa Tasik Malaya. Kemudian Desa Rimbo Recap, Kecamatan Curup Selatan serta satu lokasi lainnya berada di Kelurahan Talang Rimbo, Kecamatan Curup Tengah.


 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019