Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu memberikan waktu 15 hari kalender kerja kepada Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah untuk mengirimkan dua nama calon Wakil Gubernur Bengkulu sisa masa jabatan periode 2016-2021.

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Jonaidi mengatakan, pihaknya telah mengirim surat kepada Gubernur Bengkulu agar segera mengirimkan dua nama calon Wakil Gubernur kepada pimpinan DPRD Provinsi Bengkulu untuk dipilih.

Surat yang ditandatangi Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ihsan Fajri tersebut sudah dikirim ke Gubernur Bengkulu pada Senin 6 Mei lalu.

"DPRD Provinsi Bengkulu Senin lalu sudah mengirimkan surat kepada Gubernur Bengkulu untuk segera mengirimkan dua nama calon Wakil Gubernur Bengkulu agar dipilih oleh DPRD," jelas politisi Partai Gerindra tersebut, Rabu.

Jonaidi menjelaskan, berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Kabupaten, dan Kota, DPRD memiliki kewenangan untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur jika terjadi kekosongan jabatan selama 18 bulan. 

Dalam PP tersebut juga diatur bahwa Gubernur menyampaikan usulan dua nama calon Wakil Gubernur selambat-lambatnya 15 hari kalender setelah menerima permintaan dari pimpinan DPRD.

"Jadi ada waktu untuk Gubernur mengusulkan dua nama calon Wakil Gubernur. Kalau 15 hari kalender artinya sekitar tanggal 21 Mei," paparnya.

Kekosongan jabatan Wakil Gubernur Bengkulu terjadi semenjak Rohidin Mersyah dilantik sebagai Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu oleh Menteri Dalam Negeri pada 22 Juni 2017 lalu setelah KPK menetapkan Ridwan Mukti sebagai tersangka suap.

Rohidin menjabat sebagai Plt Gubernur Bengkulu salama sekitar 1,8 tahun. Ia kemudian dilantik menjadi Gubernur Bengkulu definitif pada 10 Desember 2018 lalu oleh Presiden Joko Widodo setelah kasus yang menjerat Ridwan Mukti dinyatakan memiliki kekuatan hukum tetap.

Sebelumnya, pasangan Ridwan Mukti dan Rohidin mersyah menjadi pemenang Pilkada di Bengkulu pada 2016 lalu diusung oleh PKB, PKPI, Partai Hanura dan Partai Nasdem.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019